PENGEMBANGAN BUKU TEKS KELAS V SEKOLAH DASAR BERBASIS TEMATIK DENGAN MODEL MULTIPLE GAMES

Rosyidah Umami Octavia

Sari


Abstrak                                                            

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk membantu guru membuat siswa aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD dang menghasilkan produk berupa buku teks dengan model multiple games agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Pucang IV Sidoarjo.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) aktivitas guru sangat baik dan optimal; (2) respons guru menunjukkan sangat baik dan antusias dalam menerapkan pembelajaran; (3) aktivitas siswa menunjukkan bahwa secara klasikal sangat aktif; (4) respons siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respons yang sangat baik dan siswa antusias; (5) hasil belajar siswa secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditetapkan; (6) hambatan yang ditemukan adalah kelas menjadi gaduh sehingga dapat mengganggu konsentrasi siswa, akan tetapi hambatan yang ditemukan dapat segera diatasi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penelitian ini sebagai sumbangan ilmiah dalam bidang pendidikan tentang pengembangan model pembelajaran inovatif yang menghasilkan produk berupa buku teks dengan model multiple games sehingga dapat diterapkan di SD untuk memotivasi guru dan membuat siswa aktif.

Kata Kunci:  Buku Teks dan Model Multiple Games


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.