PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Galuh Kartika Dewi

Sari


Abstrak                                                            

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran  CTL dengan media Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa hasil belajar siswa masih dibawah KKM hal itu disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat hafalan tidak menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar siswa dan tidak diberi kesempatan untuk mengkonstruk pengetahuannya, sehingga pembelajaran tidak bermakna. Penelitian pengembangan ini meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) yang diuicobakan pada kelas IVb 28 siswa dan kelas IVd 28 siswa di SDN Wonokusumo VII Surabaya.  Pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan four D Thiagarajan 1974 yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran yang dimodifikasi menjadi 3-D dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan rancangan control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini memiliki kualitas baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini didasari oleh beberapa aspek yaitu: (1) hasil validasi perangkat pembelajaran oleh validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kualitas yang baik, valid dan layak digunakan, (2) LKS dan THB yang telah dikembangkan pada subtema Lingkungan Tempat Tinggalku adalah efektif untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM). Hal ini didasari oleh beberapa aspek: (a) RPP terlaksana dengan baik (b) Aktivitas siswa selama KBM menunjukkan bahwa siswa aktif dalam pembelajaran, aktivitas siswa yang paling menonjol adalah terlibat dalam kegiatan diskusi kelompok hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan CTL telah terlaksana dengan efektif. (c) Respon siswa dalam pembelajaran positif. (d) Hasil belajar setelah mengikuti pembelajaran dapat mencapai ketuntasan individu maupun klasikal.

Kata Kunci:  Pendekatan Contextual Teaching And Learning, Mind Mapping

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.