PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAPHASIL BELAJARSISWA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Anggra Lita Sandra Dewi

Sari


Abstrak                                                            

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kalirungkut IV Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan  adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal-soal hasil belajar.Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov, sedangkan uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent Sample t test dengan hasil kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < α 0,05 dan thitung (7,372) < ttabel (1,684) dengan nilai mean sebesar 59.8500 dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran langsung yaitu 48,9000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan.

Kata Kunci:  MetodeRole Playing, Hasil belajar, Subtema hebatnya cita-citaku


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.