EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP RESPON DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Sugiantoro Sugiantoro

Sari


Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang dilakukan secara sadar dan direncanakan untuk saling bertukar informasi. Dalam kegiatan pembelajaran peran guru memiliki peran sebagai jembatan dalam kegiatan transfer pengetahuan. Namun untuk emnunjang kegiatan pembelajaran maka guru perlu melakukan strategi pembelajaran agar siswa mampu memahami isi materi yang disampaikan. Oleh sebab itu strategi untuk mencapai itu semua diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam memilih atau mendesain pembelajaran agar semua peserta didik menjadi aktif dan mudah memahami. Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi digunakan agar siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui perbedaan hasil belajar pada pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik; 2) mengetahui respon positif peserta didik ; 3) mengetahui mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 8 Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah responden sebanyak 30 peserta didik  dimana responden merupakan populasi sekaligus sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan desain one group pretest postest. Dari hasil analisis diatas menunjukkan: (1) terdapat perbedaan perbedaan hasil belajar pada pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran PPKn, yakni ketuntasan prestasi belajar individu lebih dari 80% atau telah mencapai KBM,dan persentase ketuntasan prestasi belajar klasikal siswa adalah 90% yang artinya juga lebih dari 80% telah mencapai KBM, 3) terdapat kefektifan pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik.


Kata Kunci


Efektivitas, PBL, Media Animasi, Respon Peserta didik , Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Branton, R.A. 2012. The effectass Of Teaching Style On Student Learning Of DNA, Journal, 2012

Hamdani. 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Lestari, Dewi Endang. (2017). Keefektifan model pembelajaran pbl berbantuan media kokami dari gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. AKSIOMA. Vol 8. No 2. Hal 68-76.

Sadiman, Arief, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN: 2443-0455

E-ISSN: 2598-4187

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter

hit
counter

View My Stats

Contact Person
Achmad Dhany Fachrudin
Mathematics Education Department
PGRI Sidoarjo College of Education (STKIP PGRI Sidoarjo)
Jalan Kemiri No.1
Sidoarjo, Jawa Timur - 61234
Indonesia
Hp: +62857 5584 7812
Tel: (031) 8950181
email: dhany@stkippgri-sidoarjo.ac.id
email (personal): dh4nyy@gmail.com
Faks. (031) 8071354
Website: http://stkippgri-sidoarjo.ac.id/